Edukasi Manfaat Aromaterapi terhadap Insomnia pada Lansia

  • Apriyanti Aini STIKES Abdurahman Palembang
  • Popy Apriyanti STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: aromaterapi, edukasi, insomnia, lansia

Abstract

Insomnia merupakan gangguan berupa ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang Mengalami insomnia memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang kurang sehingga pada saat bangun tidur, penderita insomnia merasa tidak segar dan masih mengantuk. Insomnia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu insomnia akut dan insomnia kronik. Insomnia akut terjadi kurang dari 4 minggu dan insomnia kronik terjadi lebih dari 4 minggu. Insomnia dapat diatasi dengan terapi relaksasi. Aromaterapi merupakan salah satu terapi relaksasi yang dapat digunakan untuk mengatasi insomnia. aromaterapi memberikan efek rileks karenakan ada aroma wangi. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan edukasi tentang manfaat aromaterapi terhadap insomnia. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain penyuluhan, diskusi, tanya jawab. Sasaran responden pengabdian yaitu lansia sejumlah 12 responden. Setelah diberikan materi manfaat aromaterapi terhadap insomnia diperoleh peningkatan pengetahuan lansia yaitu 91,7% berpengetahuan baik dan 8,3 % pengetahuan cukup. Kesimpulan Ada pengaruh baik dari edukasi manfaat aromaterapi terhadap insomnia.

 

References

Maas ML. (2011). Asuhan Keperawatan: Diagnosis NANDA, Kriteria hasil NOC & Intervensi NIC. Jakarta: EGC;

Hardani, P. T., Susanti, Y. and Putri, E. (2016) ‘Relaksasi Otot Progresif Dalam Mengatasi Insomnia’, Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), pp. 40–44.

Putu Arysta, D. and I Gusti Ayu Indah, A. (2013) ‘Angka Kejadian serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gangguan Tidur (Insomnia) Pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werda Wana Seraya Denpasar Bali Tahun 2013’, universitas udayana.

Kaina K. (2006). Pengaruh Aromaterapi Dalam Kehidupan Anda. Yogyakarta: Grafindo Litera Media;

Soemardini S, Suharsono T, Kusuma AM., (2013). Pengaruh Aromaterapi bunga Lavender terhadap kualitas tidur lansia di Panti Werdha Pangesti Lawang. Universitas Brawijaya Malang.

Balkam B. (2001). Aromaterapi Penuntun Praktis untuk Pijat Minyak Astiri dan Aroma. Semarang: Dahara Prize.

Published
2024-03-14
How to Cite
Aini, A., & Apriyanti, P. (2024). Edukasi Manfaat Aromaterapi terhadap Insomnia pada Lansia. Jurnal Peduli Masyarakat, 6(1), 229-232. https://doi.org/10.37287/jpm.v6i1.2510