Edukasi Masyarakat melalui Buku Peduli Stunting di Era Pandemi Covid-19

  • Rusni Masnina Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Enok Sureskiarti Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Masitah Masitah Klinik Masitah.R.M
  • Salsabila Azzahra Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Sunarti Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali Ghozali Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Agus Budiyono Puskesmas Muara Jawa
  • Reka Ladina Saqila Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ranung Nyngtyas Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: gizi anak, ibu hamil, stunting

Abstract

Stunting dapat terjadi ketika anak masih dalam kandungan dan baru kelihatan saat anak berusia dua tahun. Seorang ibu yang minim pengetahuan tentang gizi akan sangat berpengaruh terhadap masa kehamilan yang menjadi penyebab utama stunting pada anak. Salah satu daerah yang terdapat kasus stunting di Kabupaten Kutai Kartanegara adalah kecamatan Muara Jawa sejumlah 305 anak. Ada berbagai macam media untuk meningkatkan pengetahuan, salah satunya edukasi masyarakat melalui buku peduli stunting dimasa Pandemi Covid 19. Edukasi merupakan bagian kegiatan pendidikan kesehatan sebagai proses pembelajaran yang dilakukan kepada individu, keluarga,  kelompok, dan masyarakat yang dilakukan dengan tujuan untuk merubah perilaku yang tidak sehat ke pola yang lebih sehat. Dengan tingginya angka stunting pada anak, menandakan berarti kurangnya masih perhatian didalam keluarga terkhususnya orang tua terhadap nutrisi anaknya. Dengan adanya buku peduli stunting pengetahuan masyarakat khususnya ibu bisa memantau gizi anak sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan pola hidup sehat dan jauh dari berbagai penyakit

References

Devi, M. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Status Gizi Balita di Pedesaan. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 33.
Ekayanthi, N. D., & Suryani, P. (2019, November). Edukasi Gizi pada Ibu Hamil Mencegah Stunting pada Kelas Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan, 10.
Fikawati, S. d. (2017). Gizi Anak dan Remaja. Depok: Rajawali Press. Hardisman. (2019). Empat Dampak Stunting Bagi Anak dan Negara Indonesia. The Conversation. Retrieved February 12, 2021
Hidayati, L., Hadi, H., & Kumara, A. (2010). Kekurangan Energi dan Zar Gizi Merupakan Risiko Kejadian Stnted Pada Anak Usia 1-3 Tahun Yang Tinggal Di WIlayah Kumuh Perkotaan Surakarta. Jurnal Kesehatan, 3.
Indonesiabaik.id, T. (2019). Bersama Perangi Stunting. (E. Pang, Ed.) Jakarta: Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika.
Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan United Nations Childrens Fund. (2017). Laporan Baseline SDG tentang Anak-Anak di Indonesia. Jakarta: Bappenas dan UNICEF.
Listyarini, A. D., Fatmawati, Y., & Savitri, I. (2020, Januari). Edukasi Gizi Ibu Hamil dengan Media Booklet Sebagai Upaya Tindakan Pencegahan Stunting PAda Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Undaan Kabupaten Kudus. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3.
Olsa, E. D., Sulastri, D., & Anas, E. (2017). Hubungan Sikap dan Pengetahuan Ibu Terhadap Kejadian Stunting pada Anak Baru Masuk Sekolah Dasar di Kecamatan Nanggalo. Jurnal Kesehatan Andalas, 6.
Pereira, P. (2014). Milk Nutritional Composition and Its Role In Human Health. Journal Nutrition, 6.
WHO, W. A. (2012). WHO Global Nutrition Targets 2025 : Stunting Policy Brief. Retrieved February 2021, from http://www.who.int/nutrition/topics/globaltargets_stunting_policybrief.pdf
https://kaltimprov.go.id/berita/angka-penurunan-prevalensi-stunting-di-kaltim-271-persen
Published
2021-10-27
How to Cite
Masnina, R., Sureskiarti, E., Masitah, M., Azzahra, S., Sunarti, S., Ghozali, G., Budiyono, A., Saqila, R., & Nyngtyas, R. (2021). Edukasi Masyarakat melalui Buku Peduli Stunting di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat: Peduli Masyarakat, 1(1), 107-112. Retrieved from https://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/PSNPKM/article/view/632

Most read articles by the same author(s)