Scooping Review: Pelayanan Kesehatan Syariah

  • Nadia Rizkina Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
  • Noraliyatun Jannah Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
  • Muhammad Yusuf Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
  • Ardia Putra Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
  • Putri Mayasari Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Keywords: kepuasan pasien, muslim, rumah sakit, sertifikasi

Abstract

Pelayanan Kesehatan Syariah menjadi sorotan dalam konteks populasi Muslim yang besar di Indonesia. Meskipun permintaan akan pelayanan ini meningkat, data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa hanya sekitar 3% dari rumah sakit telah bersertifikasi syariah. Sebuah scooping review terhadap artikel-artikel yang ditemukan dari Research Gate, Science Direct, dan Google Scholar antara 2019 hingga 2022 dengan kata kunci yang digunakan meliputi "Shariah-based healthcare services", "Islamic values in healthcare" untuk memastikan cakupan yang luas dari literatur yang relevan dan mengungkapkan bahwa 10 artikel terpilih menunjukkan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan syariah. Studi literatur menyoroti karakteristik pelayanan berbasis syariah, termasuk penjagaan agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta, serta menerapkan prinsip-prinsip Rabbaniyah, Akhlaqiyah, Waqi’iyah, dan Insaniyyah. Nilai-nilai Islam tercermin dalam pelayanan kesehatan, dengan penggunaan produk halal, suasana Islami, dan kesesuaian dengan prinsip syariah sebagai fokus utama. Penerapan nilai-nilai Islam dalam praktik pelayanan kesehatan meliputi sikap ramah, empati, perhatian, dan keikhlasan dalam melayani pasien, serta pengingat akan ibadah shalat. Pelayanan kesehatan syariah memberikan gambaran yang jelas tentang pentingnya implementasi nilai-nilai Islam dalam meningkatkan kepuasan pasien dan kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Dalam kesimpulan, pelayanan kesehatan syariah memiliki potensi untuk memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan keyakinan Muslim. Penelitian lebih lanjut dan upaya peningkatan sertifikasi syariah di rumah sakit dapat memperluas cakupan pelayanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

References

Amaliah Amriani . As, Muh. Alwy Arifin Dan Dian Saputra Marzuki. (2020). Analisis Segmentasi Pasar Pelayanan Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. WPHJ.

Arif Rahman, Ariani Fatmawati Dan Perla Yualita. (2020). Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Syariah. Bandung.

Arifin, I. Z. (2014), Bimbingan dan Konseling Islam untuk Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Dakwah.

Derang, I. & Soraya, D. (2020). Hubungan Pengetahuan Perawat Dengan Pemenuhan Kebutuhan Syariah Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan.

Djakfar, M. (2019). Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi. Malang: UIN Malili Press

Febriyanti, K. D. (2020) Pentingnya Konsep Kesehatan Syariah Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19.

Haris, F., Auliyantika, Y., Putra, F. B., Aliyah, W. J., Afandi, M., Studi, P., Muhammadiyah, U. (2020). Pemenuhan Kebutuhan Syariah Pasien Terpasang Alat Medis : Fulfillment of Syariah Needs for Patients Attached Medical Equipment : Patients ’ Perception. Jurnal Keperawatan, 12(1), 79–84.

Hasibuan, G. (2018). Pemenuhan Kebutuhan Syariah Dalam Perspektif Pasien Kanker Di RSUP H Adam Malik.

Hidayat, A, A. 2013. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Husaeni, H. & Haris, A. (2020). Aspek Syariahitas Dalam Pemenuhan Kebutuhan Syariah Pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. 12 (2): 960–65.

Iqmi Qaisah Ali. (2018). Analisis Pengaruh Pelayanan Syariah Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Semarang.

Irviana, F. (2019, October). Analisa Manajemen Rumah Sakit Syariah (Studi Aplikasi Kualitas Manajemen Syariah Dalam Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Hifz Ad Din Pada Rumah Sakit Bersertifikasi Syariah di Indonesia). Young Progressive Muslim: Young Progressive Muslim.

Muh. Abdurrouf, Cindy Rosalia. (2019). Pelayanan Syariah Dalam Bidang Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit. Procedin Unnisula.

Muh. Pasca Rivaldi, Erlin Syahril Dan Rasfayanah F.Matto. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar Tahun 2018. UMJ.

Nellyana. (2019). Pengaruh Pelayanan Syariah dan Prinsip Syariah terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Islamic Center Samarinda. Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman. 4(4), 67-75.

Notoadmojo, Soekidjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nova Perdana, Hermansyah Dan Ede Surya Darmawan. (2017) Impementasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Islami Terhadap Kepuasan Pasien Di rsud Meuraxa. JUKEMA.

Nursalam, D. (2014). Manajemen Keperawatan" Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Metode Penelitian Ilmu Kepeerawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Panggah Widodo, Madya Sulisno Dan Chriswardani Suryawati. (2020). Pengaruh Penerapan Perilaku Syariah Dalam Pelayanan Keperawatan, Beban Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit. LINK.

Published
2024-04-03
How to Cite
Rizkina, N., Jannah, N., Yusuf, M., Putra, A., & Mayasari, P. (2024). Scooping Review: Pelayanan Kesehatan Syariah. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(5), 2043-2052. https://doi.org/10.37287/jppp.v6i5.3106