Bimbingan Teknis Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Edutaimen pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19

  • Eliana Yunitha Seran STKIP Persada Khatulistiwa
  • Gabriel Serani iman.saiaw@gmail.com
  • Imanuel Sairo Awang STKIP Persada Khatulistiwa
Keywords: COVID-19, edutaimen, media pembelajaran

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran salah satunya ditentukan dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu meningkatkan pemahaman dan daya serap siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajari. Selain itu, penggunaan media pembelajaran sangat mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh seperti yang dilakukan pada masa pandemi COVID-19 sekarang ini. Kegiatan belajar dari rumah mensyaratkan penggunaan media pembelajaran yang dapat menghibur dan dikemas dengan  suasana yang menyenangkan. Media berbasis edutainmen ini dapat dikembangkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran dari rumah. Kegiatan ini melibatkan 60 peserta yang terdiri dari guru SD Negeri 1 Rawak Hulu dan mahasiswa perserta PLP/KKM STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Adapun proses dilaksanakan melalui enam (6) tahapan yakni persiapan, pelaksanaan, tugas mandiri, evaluasi, perbaikan, dan publikasi. Hasil kegiatan bimbingan bimtek menunjukkan kegitan bimbingan teknis berjalan dengan menyenangkan serta menghasilkan video media pembelajaran yang menyenangkan sekaligus mendidik siswa serta dapat diakses secara luas dari rumah masing-masing.

References

Arikarani, Y. & Amirudin, M.F. (2021). Pemanfaatan Media Dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Dimasa Pandemi. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4 (1), 93-116.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Kulsum, S., & Husnul, S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran , Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158.

Tilaar, H. A. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Usman, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Published
2021-12-28
How to Cite
Seran, E., Serani, G., & Awang, I. (2021). Bimbingan Teknis Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Edutaimen pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(4), 465-472. https://doi.org/10.37287/jpm.v3i4.741