Penyuluhan tentang Dampak Bermain Game Online

  • Nurnainah Nurnainah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Sari Makassar
Keywords: gadget, game online, siswa-siswi

Abstract

Era globalisasi sekarang ini, banyak anak- anak khususnya remaja yang mulai meninggalkan permainan tradisional dan lebih memilih permainan modern. Hal tersebut dikarenakan permainan modern jauh lebih asik dan menyenangkan.  Salah satu permainan era moderen saat ini yaitu game online. Penyuluhan tentang dampak berain game online perlu diberikan pada remaja  dengan tujuan untuk menekan jumlah anak dalam bermain game online di Indonesia. Penyuluhan telah dilaksanakan pada tanggal 07 Februari 2020 di Sekolah Islam AR-RAFI Makassar. Penyuluhan ini di laksanakan dengan  jumlah peserta yang hadir sebanyak 40 orang yang terdiri dari Siswa-siswi SMP Sekolah Islam AR-RAFI. Kegiatan ini teridiri dari 2 sesi dan berjalan dengan lancar.   

Kata kunci: gadget; game online; siswa-siswi

COUNTERING ABOUT THE IMPACT OF PLAYING ONLINE GAMES

 ABSTRACT

In the current era of globalization, many children, especially teenagers, are starting to leave traditional games and prefer modern games. This is because modern games are much more fun and enjoyable. One of the modern era games is online games. Counseling about the impact of playing online games needs to be given to adolescents with the aim of reducing the number of children playing online games in Indonesia. The counseling was held on February 7, 2020 at the AR-RAFI Islamic School in Makassar. This counseling was carried out with a total of 40 participants who attended, consisting of AR-RAFI Islamic Junior High School students. This activity consisted of 2 sessions and went well.

 Keywords: gadget; online game; students

References

Hikmah. (2015). Kecanduan game Online. Diakses tanggal 04 Februari 2020. Dari http://etheses.uin-malang.ac.id/905/6/09410091%20Bab%202.pdf

Kurniawan. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Pgri Yogyakarta. Program Studi Bimbingan dan Konseling: Universitas PGRI Yogyakarta .

Murtanto, A. (2014). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau Dari Kesepian Dan Penerimaan Teman Sebaya Pada Remaja Di Kelurahan Jebres Surakarta. [Skiripsi]. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran: Universitas Sebelah Maret Surakarta.

Sulistyo, Evanytha & Vinaya, (2015). Hubungan Problematic Online Game Use Dengan Pola Asuh Pada Remaja. Fakultas Psikologi : Universitas Pancasila.

Syahran. (2015). Ketergantngan online game dan penanganannya. Bimbingan dan konseling: Universitas Tadulako.

Utomo, R.M. (2017). Pasar Game Indonesia Salah Satu Tertinggi Sedunia. Diaksestanggal 04 Februari 2020. Dari http://teknologi.metrotvnews.com/read/2017/01/22/646464/pasar-game-indonesia-salah-satu-tertinggi-sedunia.

Published
2020-09-01
How to Cite
Nurnainah, N. (2020). Penyuluhan tentang Dampak Bermain Game Online. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(2), 87-90. https://doi.org/10.37287/jpm.v2i2.163