Edukasi Konsumsi Susu Kedelai untuk Mengurangi Hot Flush pada Premenopause

  • Titin Apriyani STIKES Abdurahman Palembang
  • Ade Marlisa Rahmadayanti STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: edukasi, premenopause, susu kedelai, terapi non konvensional

Abstract

Pre menopause merupakan hilangnya fungsi generatif dari ovarium sehingga dalam pemenuhan hormon estrogen akan berkurang. Produksi hormone estrogen yang berkurang menyebabkan perubahan fisik dan psikologis. Premenopause merupakan salah satu fase normal dalam kehidupan wanita tetapi akan terjadi peruhanan antara lain perubahan fisik yang dapat berupa hot flush, menstruasi tidak teratur, mudah lelah, daya ingat menurun, berat badan bertambah. Hot flush yaitu perasaan panas, gerah bahkan rasa seperti terbakar pada area wajah, lengan, leher, dan tubuh bagian atas. Hot flush dapat diatasi dengan konsumsi susu kedelai sebagai upaya mengurangi hotflush. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan edukasi kepada ibu premenopause dalam mengatasi atau mengurangi hot flush. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di RT 23 RW IX Kel. Tangga Takat Kec. SU II Palembang di bulan November 2023 pada ibu premenopause. Metode yang di gunakan dalam pengabdian masyarakat ini antara lain penyuluhan, diskusi, tanya jawab. Sasaran responden pengabdian masyarakat yaitu ibu premenopause sejumlah 20 orang. Setelah diberikan materi manfat konsumsi susu kedelai untuk mengatasi hotflush di peroleh peningkatan pengetahuan ibu premenopause yaitu 93,5% berpengetahuan baik dan 6,5% berpengetahuan cukup. Kesimpulan dari pengabdian ini bahwa di dapatkan pengaruh baikĀ  dari edukasi manfaat susu kedelai terhadap hotflush ibu premenopause.

References

Aprillia, W. R., & panjaitan, A. p. (2019). Pengaruh pemberian susu kedelai terhadap sistem reproduksi . Jurnal penelitian perawat profesional Volume 1 No 1 November 2019 , 55.

Hery, W., Purwanto, A., & yanti, H. D. (2010). Kandungan Protein dan Isoflavon Pada Kedelai Kecambah Kedelai . Kandungan Protein dan Isoflavon Pada Kedelai Kecambah Kedelai .

Hesti, A., & Aprilia, E. (2016). Pengaruh Fitoestrogen terhadap gejala menopause. Pengaruh Fitoestrogen terhadap gejala menopause , 2.

Luh, A. A. (2020). Sosisalisasi mengenai masa menopause dan upaya mengatasi keluhan di dusun tegal lingga buleleng. Sosisalisasi mengenai masa menopause dan upaya mengatasi keluhan di dusun tegal lingga buleleng .

Prawirohardjo. (2016). Pre menopause . Jakarta.

Wahyu, U., & Yastirin, P. A. (2020). Pemenuhan Kebutuhan Zat Fitoestrogen Pada Wanita Menopause. Pemenuhan Kebutuhan Zat Fitoestrogen Pada Wanita Menopause .

Wirakusumah, E.S., 2003. Sehat, Ctk Ms. Menopause. Gramedia Pustaka Utama.

Published
2024-04-13
How to Cite
Apriyani, T., & Rahmadayanti, A. M. (2024). Edukasi Konsumsi Susu Kedelai untuk Mengurangi Hot Flush pada Premenopause. Jurnal Peduli Masyarakat, 6(1), 315-318. https://doi.org/10.37287/jpm.v6i1.3134