Pemberdayaan Masyarakat tentang Cara Perawatan Hipertensi dengan Menggunakan Manajemen Stres di Kalipancur

  • Dwi Nur Aini Universitas Widya Husada Semarang
  • Maulidta Karunianingtyas Wirawati Universitas Widya Husada Semarang
  • Menik Kustriyani Universitas Widya Husada Semarang
  • Arifianto Arifianto Universitas Widya Husada Semarang
  • Mariyati Mariyati Universitas Widya Husada Semarang
  • Mohammad Arifin Noor Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Keywords: hipertensi, kecemasan, manajeman stres

Abstract

Fokus dari pelaksanaan PKM ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya kader kesehatan dalam melakukan deteksi dini stres dan meningkatkan kemampuan penderita hipertensi dalam melakukan pencegahan hipertensi dengan manajemen stres. Kader kesehatan dan perangkat RT merupakan orang yang berperan aktif dalam peningkatan derajat kesehatan di wilayah kelurahan Kalipancur khususnya di wilayah RT 05 RW X. Sesuai permasalahan yang dihadapi mitra tersebut, upaya yang dilakukan antara lain: pelatihan kader dalam melakukan deteksi dini stres, edukasi tentang perawatan hipertensi dengan menggunakan manajemen stres serta demonstrasi cara melakukan manajemen  stres. Tujuan dari kegiatan PKM  ini adalah mengajarkan kader tentang deteksi dini stres untuk meningkatkan kesehatan, khususnya kesehatan jiwa di masyarakat, khususnya di Kelurahan Kalipancur. Mengajarkan Kader, masyarakat dan penderita hipertensi cara melakukan pencegahan hipertensi dengan menggunakan manajemen stres. Selain itu terjadi sinergi antara kader, pelayanan kesehatan dan masyarakat dalam upaya pencegahan hipertensi dengan menggunakan manajemen stres. Peserta dalam kegiatan pengabdian ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari kader kesehatan dan penderita hipertensi. Kegiatan evaluasi ini meliputi apakah peserta sudah paham tentang materi yang diberikan dengan menanyakan kembali materi yang telah disampaikan dan meminta peserta untuk melakukan demonstrasi cara melakukan relaksasi nafas dalam dan hypnosis 5 jari untuk menurunkan stress sebagai upaya perawatan hipertensi.

References

Agustina, e. D. W. I. (2021). Penerapan terapi relaksasi nafas dalam dan hipnosis lima jari pada pasien gagal ginjal kronik dengan ansietas di rs pku muhammadiyah gombong. Universitas muhammadiyah gombong.

Andriana, p., & susanti, i. H. (2022). Efektifitas terapi hipnosis lima jari terhadap penurunan cemas pada asuhan keperawatan pasien hipertensi yang dirawat di ruang arimbi rst wijayakusuma purwokerto. Jurnal pengabdian mandiri, 1(7), 1277–1284.

Dalami, E., Nasihin, N., & Subiakto, T. (2023). Effect of Five Finger Hypnosis Anxiety Hypertension Clients at Puskesmas Neglasari, Tangerang City. Journal of Smart Nursing and Health Science, 1(1), 1–7.

Noorkasiani, B. D., & Ermawati, D. (2014). Efektivitas Terapi Hipnosis Lima Jari untuk Menurunkan Tingkat Ansietas Pasien Hipertensi. Poltekkes Kemenkes Jakarta III.

Pratama, E. R. (2022). Pengaruh Hipnotis Lima Jari Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Dangung-dangung Kecamatan Guguak Tahun 2020. ’AFIYAH, 9(1).

Saleh, L. M., Russeng, S. S., & Tadjuddin, I. (2020). Manajemen stres kerja (sebuah kajian keselamatan dan kesehatan kerja dari aspek psikologis pada ATC). Deepublish.

Saswati, N., Sutinah, S., & Rizki, P. C. (2019). Efektivitas terapi hipnosis lima jari terhadap ansietas klien hipertensi di Puskesmas Rawasari Jambi tahun 2018. Riset Informasi Kesehatan, 7(2), 174–179.

Sutini, T., & Emaliyawati, E. (2018). Pemberdayaan masyarakat tentang cara perawatan hipertensi dengan menggunakan manajemen stres di desa ciganjeng dan karangsari kecamatan padaherang kabupaten pangandaran. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 5(1), 19–23.

Sutri, S. Y. (2022). Pengaruh Pemberian Terapi Hipnosis Lima Jari Pada Lansia yang Mengalami Ansietas: Pengaruh Pemberian Terapi Hipnosis Lima Jari Pada Lansia yang Mengalami Ansietas. Jurnal Riset Media Keperawatan, 5(2), 73–77.

Published
2024-02-21
How to Cite
Aini, D. N., Wirawati, M. K., Kustriyani, M., Arifianto, A., Mariyati, M., & Noor, M. A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat tentang Cara Perawatan Hipertensi dengan Menggunakan Manajemen Stres di Kalipancur. Jurnal Peduli Masyarakat, 6(1), 197-202. https://doi.org/10.37287/jpm.v6i1.2677

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>