Pengaturan dan Pendampingan Diit Pasien dan Kelompok Risiko Diabetes Mellitus

  • Trina Kurniawati Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhamamdiyah Pekajangan Pekalongan
  • Eka Budiarto Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhamamdiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: diabetes mellitus, pendampingan diit diabetes mellitus, pengaturan diit diabetes mellitus

Abstract

Diabetes mellitus merupakan penyakit akibat gangguan metabolisme tubuh. Pencegahan kesakitan dan kematian akibat DM menjadi penting karena penyakit tersebut merupakan penyakit yang dapat dikendalikan dengan mematuhi program pencegahan dan penatalaksanaan DM. Program pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman pasien DM dan kelompok risiko, meningkatkan kemampuan pasien DM dan kelompok risiko dalam mengelola pola makan, dan memastikan bahwa pasien DM dan kelompok risiko dapat secara mandiri melakukan pengaturan diit DM. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan pemberian edukasi dan pendampingan langsung kepada peserta. Peserta dalam kegiatan ini adalah pasien DM sebanyak 5 orang, kelompok berisiko DM 3 orang, dan kader kesehatan sebanyak 3 orang. Kegiatan dilaksanakan pada minggu pertama berfokus pada edukasi dilanjutkan pendampingan pada minggu kedua dan ketiga. Evaluasi pengetahuan dilakukan dengan kuesioner tentang diit DM yang dilakukan sebelum dan sesudah edukasi. Evaluasi kemandirian diberikan lembar menu makanan setiap hari selama pendampingan. Kegiatan edukasi dan pendampingan yang dilakukan melalui pengabdian masyarakat dapat meningkatkan pemahaman tentang pengaturan diit DM sebesar 33,94% dan praktik pengaturan diit DM sebesar  88,89%. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman tentang pengaturan diit DM pada pasien dan kelompok berisiko DM sangat penting, diperkuat dengan proses pendampingan yang dapat meningkatkan kepatuhan dan keberhasilan program pengaturan diit DM.

References

Black, J., and Hawks, J. (2014). Keperawatan Medikal Bedah : Manajemen Klinis Untuk Hasil yang Diharapkan. Jakarta: Salemba.

IDF. (2019). IDF DIABETES ATLAS (9th ed.). BELGIUM: International Diabetes federation. Retrieved from https://www.diabetesatlas.org/en/resources/.

International Diabetes Federation. (2017). Diabetes Atlas. (S. Karuranga, J. Da R. Fernandes, Y. Huang, & B. Malanda, Eds.), Inernational Diabetes

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Situasi dan Analisis Diabetes. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Nurrahmami. (2012). Stop! Diabetes Mellitus. Yogyakarta: Familia

Phitri H.E. & Widiyaningsih. (2013). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Penderita Diabetes Mellitus Dengan Kepatuhan Diet Diabetes Mellitus di RSUD Am. Parikesit Kalimantan Timur, Jurnal Keperawatan Medikal Bedah, 1, pp.58–74.

Risnasari, N. (2014). Hubungan Tingkat Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Mellitus dengan Munculnya Komplikasi di Puskesmas Pesantren di Kota Kediri. Jurnal. Vol. 1, No. 25. Desember Tahun 2014. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri. Diakses 6 November 2015 dari http://lp2m.unpkediri.ac.id/jurnal/pages/efektor/Nomor25/ Hal%201519.%20 Norma%20Risnasari.pdf.

Soegondo, Soewondo & Subekti (2013. Penatalaksanaan Diabetes Melitus Terpadu sebagai

PanduanPenatalaksanaan Diabetes Melitus bagi Dokter maupun Edukator. Jakarta: BalaiPenerbit FKUI

Soelistijo, A dkk. (2015) Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia. PB PERKENI.

Sukraniti, DP dan IW Ambartana. (2011). Pengaruh Konseling Gizi Terhadap Perubahan Kadar Gula Darah Berdasarkan Pengetahuan dan Kepatuhan Diet Penderita Diabetes Melitus di Poliklinik Gizi RSUD Kabupaten Karangasem. Jurnal Ilmu Gizi, Volume 2, No 2. Juli 2011.

Sulistyarini, T. & Susanti, M.L. 2013. Dukungan Keluarga Meningkatkan Kepatuhan Diet Pasien DM di Ruang Rawat Inap RS. Baptis Kediri. Jurnal STIKES.Vol.6, No.1.(1-10).

Supriyadi. (2017). Panduan Praktis Skrining Kaki Diabetes Mellitus. Sleman: CV BUDI UTAMA.

Tarwoto et,al. (2012). Keperawatan Medikal Bedah Gangguan Sistem Endokrin. Jakarta: Trans Info Medikal

Tinambunan, AD. (2021). Implementasi Pelayanan Promotif dan Preventif untuk Penyakit Hipertensi Di Puskesmas Tegal Sari Kecamatan Medan Denai Tahun 2020. Skripsi Universitas Sumatera Utara,https://repositori.usu.ac.id/ bitstream/handle/123456789/ 30760/16100217.pdf?sequence=1&isAllowed=

Tjokroprawiro, A. (2012). Garis Besar Pola Makan dan Pola Hidup Sebagai Pendukung Terapi Diabetes Melitus. Surabaya: Fakultas Kedokteran Unair.

Published
2022-06-28
How to Cite
Kurniawati, T., & Budiarto, E. (2022). Pengaturan dan Pendampingan Diit Pasien dan Kelompok Risiko Diabetes Mellitus. Jurnal Peduli Masyarakat, 4(2), 213-218. https://doi.org/10.37287/jpm.v4i2.1068