Pengaruh Intensitas dan Jenis Pemakaian dalam Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Emosional pada Anak Usia Sekolah

  • Mariyama Mariyama Institut Citra Internasional
  • Indri Puji Lestari Institut Citra Internasional
  • Indah Permata Sari Institut Citra Internasional
Keywords: intensitas, jenis pemakaian, tingkat emosi

Abstract

Gadget adalah sebuah istilah berasal dari bahasa Inggris yaitu perangkat elektronik kecil yang memiliki tujuan dan fungsi khusus untuk mengunduh informasi-informasi terbaru dengan berbagai teknologi maupun fitur terbaru, sehingga membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Gadget sendiri dapat berupa komputer atau laptop, tablet pc, video game dan juga telepon seluler atau smartphone. Tujuan penelitian ini adalah Pengaruh intensitas dan jenis pemakaian dalam penggunaan gadget terhadap tingkat emosional pada anak usia sekolah di SD Negeri 04 Koba tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian   cross sectional Populasi dalam penelitian   ni adalah seluruh siswa yang sekolah di SD 04 Koba 315 siswa. Besaran sampel pada penelitian ini adalah 82 responden yang dipilih dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada Pengaruh yang bermakna antara intensitas , dengan nilai ρ value (0,001) < α (0,05) dan jenius pemakaian didapatkan nilai ρ value (0,007) < α (0,05) artinya ada Pengaruh yang bermakna antara intensitas dan jenis pemakaian terhadap Pengaruh pada anak usia 7-12 tahun. Gadget memang sangat berguna bagi kehidupan, namun kegunaan tersebut harus digunakan secara positif. Bagi anak yang terlalu dini kegunaan gadget masih terlalu awam. Anak memakai gadget hanya untuk bermain.

References

Balqis, U. (2015). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia 8-10.

Belitung, D. K. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.

Derry. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Gadget Dalam Aktivitas Belajar. Ners, 7.

Dewi. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak. Slamic Early Childhood Education.

Dharmawan, P. E. & A. H. (2012). Dampak Sosial-Ekonomi Masuknya Pengaruh Internet dalam Kehidupan Remaja di Pedesaan. Departemen Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB.

Dzafirah, Anizar Ahmad, Fitriana. (2019). Pola Pengasuhan Orang Tua dalam Membina Perilaku Anak dalam Keluarga di Aceh Besar. Jurnal Iimiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 4, No. 4. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/arti cle/view/13447

Fauziawati. (2015). Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Padang.

Fitriana, Hartoyo, Amini Nasoetion. (2017). Pengaruh Pola Asuh, Status Gizi dan Status Sosial Anak Balita Korban Gempa dan Tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam. Media Gizi dan Keluarga. Volume 31.

Handrianto, P. (2018) Dampak smartphone [Online].

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Profil Kesehatan Indonesia

Lestari, D. W. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosi Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.

Lestari, S. (2014). Psikologi Keluarga: Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.

Manumpil. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. Program Studi Ilmu Keperawatan, 6-7.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. (2019). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Nanang Martono. 2012. Sosiologi Perubahan Sosial : Perspektif Klasik, Modern, Postmodern, dan Postkolonial. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Muscari. (2017). Pengaruh Tingkat Stres Pada Anak Usia Sekolah Di Unit Rawat Inap Rsud Koja Jakarta Utara. Departemen Medikal Bedah, Stik Sint Carolus Jakarta, Indonesia.

Ningsih, V. (2019). Pengaruh Durasi Pemakaian Gadget Dengan Perkembangan Emosional. Anak Pra Sekolah. 6-7.

Nurrahmawati. (2018). Pengaruh Pola Asuh Anak Terhadap Perkembangan Jaman. 5.

Puspita Sari, T dan Amy Asma Mitsalia. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di TKIT Al Mukmin. Online.https://ejournal.stikespku.ac.i d/index.pSmartphone/mpp/article/vi ew/124/111.

Ranuh, S. d. (2018). pertumbuhan dan perkembangan anak usia 3-9 tahun. 6.

Rohman. (2017). Dampak Pengaruh Smartphone Terhadap Motifasi. Lembaga Publikasi Ilmiah Mahasiawa, 5-6.

Sartika. (2018). Pengaruh penggunaan Gadget terhadap perkembangan emosional dan mental anak usia sekolah.

Syifa, S. d. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Uni versitas Ganesha.

Yusuf. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI

Yuliaji. (2015). Beberapa faktor risiko yang mempengaruhi kejadian stroke berulang. Program studi magister epidemiologi program pasca sarjana. Universitas Diponegoro. Semarang.

Published
2023-08-23
How to Cite
Mariyama, M., Lestari, I., & Sari, I. (2023). Pengaruh Intensitas dan Jenis Pemakaian dalam Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Emosional pada Anak Usia Sekolah. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 4(2), 113-120. https://doi.org/10.37287/ijnhs.v4i2.1564

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>