Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan UKM Tenaga Muda dalam Pengolahan Limbah Ampas Tahu

  • Veni Dayu Putri Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Payung Negeri Pekanbaru
  • Wardah Wardah Program Studi Profesi Ners, STIKes Payung Negeri Pekanbaru
  • T Hartian Silawati Ningsih Program Studi D3 Kebidanan, STIKes Payung Negeri Pekanbaru
  • Futri Adecilia Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Payung Negeri Pekanbaru
  • Yama Hati Nduru Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Payung Negeri Pekanbaru
Keywords: ampas tahu, keterampilan, pengetahuan

Abstract

Ampas tahu merupakan limbah hasil produksi tahu yang masih jarang dimanfaatkan oleh para produksi tahu dan masyarakat sehingga terbuang sia-sia. Mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Usaha Kecil Menengah (UKM) Tenaga Muda sebagai salah satu UKM yang bergerak di bidang produksi tahu sejak tahun 1999 di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Ampas tahu yang dihasilkan disimpan didalam karung atau dibuang ke sungai yang berada disekitar lokasi pabrik. Hal ini menimbulkan pencemaran lingkungan selain bau busuk yang ditimbulkan juga mencemari biota sungai. Target dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan mitra tentang manfaat ampas tahu dan peningkatan keterampilan mitra dalam mengolah ampas tahu menjadi produk bernilai ekonomis sehingga dapat mengurangi potensi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan antara lain metode ceramah dan pelatihan. Hasil yang dicapai dari kegiatan adalah terdapat peningkatan rata-rata pengetahuan mitra yaitu Hasil kegiatan pelatihan pengolahan ampas tahu menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan mitra dalam mengolah ampas tahu menjadi produk makanan yaitu dari 25% (sebelum pelatihan) menjadi 80% (setelah pelatihan). Dalam pelaksanaan kegiatan mitra selalu dari 48% (pre-test) menjadi 88% (post-test).berpartisipasi aktif dan menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat.

References

Badan Pusat Statistik. 2016. Statistik Indonesia 2016. Jakarta.
Direktorat Gizi Depkes RI. 2015. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Jakarta.
Fransiska, and Welly Deglas. 2017. “Pengaruh Penggunaan Tepung Ampas Tahu Terhadap Karakteristik Kimia Dan Organoleptik Kue Stick.” Jurnal Teknologi Pangan 8(2):171–79.
Putri, V. D., and Y. Nita. 2018. “Uji Kualitas Kimia dan Organoleptik Pada Nugget Ayam Hasil Substitusi Ampas Tahu.” Jurnal Katalisator 3(2):135–44.
Sina, Ibnu, Untung Nugroho Harwanto, and Zakki Rosmi Mubarok. 2021. “Analisis Pengolahan Limbah Padat Tahu Terhadap Alternatif Industri Pangan Sosis ( Grade B ).” Jurnal Ilmiah Teknik Kimia 5(1):52–60.
Wati, Rahma. 2013. “Pengaruh Penggunaan Tepung Ampas Tahu Sebagai Bahan Komposit Terhadap Kualitas Kue Kering Lidah Kucing.” Universitas Negeri Semarang.
Published
2021-10-31
How to Cite
Putri, V., Wardah, W., Ningsih, T. H., Adecilia, F., & Nduru, Y. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan UKM Tenaga Muda dalam Pengolahan Limbah Ampas Tahu. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat: Peduli Masyarakat, 1(1), 233-238. Retrieved from https://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/PSNPKM/article/view/655