Efektifitas Teknik Relaksasi Nafas Dalam terhadap Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Kelurahan Sungai Pinang

  • Mike Sappe Datu Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantani Timur
  • Dewi Nurkayatun Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyahi Kalimantani Timur
  • Lutfia Novi Rahmawati Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyahi Kalimantani Timur
  • Milkhatun Milkhatun Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyahi Kalimantani Timur
  • Ni Wayan Wiwin Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyahi Kalimantani Timur
Keywords: efektifitas, hipertensi, teknik relaksasi nafas dalam

Abstract

Hipertensi merupakan ancaman kesehatan di seluruh dunia karena hipertensi merupakan faktor resiko utama yang menyebabkan penyakit kardiovaskuler contohnya seperti serangan jantung, igagal ijantung, istroke idan ipenyakit iiskemik idan istroke adalah idua ipenyebab utama kematian di dunia. Perjalanan penyakit hipertensi sangat lambat dan mungkin penderita hipertensi tidak menunjukkan gejala selama bertahun-tahun sampai terjadi kerusakan organ. Sakit kepala merupakan gejala penting dari gangguan fungsional tubuh. Sakit kepala didefinisikan sebagai sensasi tidak menyenangkan yang melibatkan emosi dengan atau tanpa kerusakan jaringan sebagai gejala penting dari gangguan atau penyakit organ. Beberapa sakit kepala disebabkan oleh rangsangan nyeri yang berasal dari intrakranial atau ekstrakranial. Latihan nafas dalam merupakan salah satu terapi non ifarmakologi, dimana dengan mengajarkan klien bagaimana cara melakukan teknik nafas dalam. Selain mengurangi intensitas nyeri, teknik relaksasi nafas dalam juga dapat meningkatkan ventilasi paru dan meningkatkan oksigen dalam darah. Teknik relaksasi nafas dalam merupakan salah satu terapi relaksasi yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang, sehingga sakit kepala yang dialami pasien akan turun atau hilang. Teknik relaksasi nafas dalam yang sudah diberikan dengan harapan dapat membatu mengurangi rasa nyeri dan memberikan rasa nyaman pada warga Kelurahan Sungai Pinang Samarinda yang menderita hipetensi.

References

Anggraini, Y. (2020). Efektifitas Teknik Relaksasi Nafas terhadap Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di Jakarta. Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang VOL 5.

Fernalia, W. P. (2019). Pengaruh Relaksasi Nafas dalam terhadap Skala Nyeri Kepala Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu. [Manuju: Malahayati Nursing Journal, P- Issn: 2655-2728 E-Issn: 2655-4712 Volume 1.

PASIENAprilliya, R. W. (2020). Association APLIKASI TEKNIK PERNAPASAN PADAHIPERTENSI PALSU. Prosiding International Conference on Nursing and Health Sciences, 117.

Rahmatul Fitriyah, G. V. (2019). Relaksasi Pernapasan Dalam untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita. JurnalNers, 141.

Windi Sintia Debi, h. E. (2018). Pengaruh Pernapasan dalam Terhadap Kualitas Tidur dan Tekanan Darah pada Orang dengan Hipertensi di Umum Karang Pule Puskesmas ICHM .

Published
2021-10-30
How to Cite
Datu, M., Nurkayatun, D., Rahmawati, L., Milkhatun, M., & Wiwin, N. W. (2021). Efektifitas Teknik Relaksasi Nafas Dalam terhadap Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Kelurahan Sungai Pinang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat: Peduli Masyarakat, 1(1), 123-126. Retrieved from https://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/PSNPKM/article/view/639