Sosialisasi Penggunaan Pemutih dalam Kosmetik dan Pembuatan Sabun Minyak Jelantah (MIJEL) Di Kelurahan Bumiayu Weleri

  • Ariyanti Ariyanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Eni Masruriati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Ika Pratiwi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Dwi Setyowati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Filza Mazaya Nurulita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
Keywords: limbah, minyak jelantah, sabun cuci piring

Abstract

Kebutuhan minyak goreng di rumah tangga pada kelurahan Bumiayu Weleri menjadi cukup banyak. Minyak jelantah atau minyak bekas penggorengan setelah tidak digunakan lagi maka  dibuang di tanah, selokan atau pada air mengalir yang berakibat merusak dan mencemari lingkungan. Minyak jelantah bisa dimanfaatkan lagi sesudah proses penjernihan serta dibuat sebagai olahan produk non pangan yang tentunya bermanfaat bagi kebersihan masyarakat dan keperluan dalam rumah tangga salah satunya dijadikan bahan baku sebagai pembuatan sabun cuci piring. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan masyarakat khususnya kaum ibu rumah tangga dan para remaja di kelurahan Bumiayu Weleri. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah sosialisasi dahulu mengenai edukasi penggunaan pemutih dalam kosmetik yang berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang dan dilanjut sosialisasi mengenai manfaat limbah minyak jelantah untuk menjadikan alternatif solusi dalam mengatasi banyaknya limbah dari minyak hasil penggorengan yang sudah tidak digunakan agar tidak mencemari lingkungan dan praktik pembuatan sabun cuci piring dari limbah minyak jelantah. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode Community Development dengan beberapa langkah yaitu pengumpulan data, perumusan masalah, perencanaan program, aksi dan komunikasi, serta evaluasi. Hasil dari kegiatan sosialisasi pengabdian masyarakat dan praktik pembuatan sabun cuci piring dari limbah minyak jelantah berjalan dengan lancar dan sesuai rencana kegiatan. Masyarakat yang mengikuti kegiatan sangat antusias karena banyak yang aktif bertanya.

References

Adhani, A., & Fatmawati, F. (2019). Training of Aromatherapy And Decorative Candles Making to Minimize Used Cooking Oil For Amal Coastal Village Communities. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 3, 31–40.
Aulia Mutiara Hikmah, Z. F. (2022). SOSIALISASI BAGAIMANA MEMILIH KOSMETIK YANG AMAN DAN BAIK BAGI MASYARAKAT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 1–9.
Gazali, A., Sianipar, A. Y., Farmasi, P. S., Sari, U., Indonesia, M., Sari, U., & Indonesia, M. (2020). Penyuluhan kandungan merkuri krim wajah yang beredar dipasaran 1. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(September), 308–311.
Kusumaningtyas, R. D., Qudus, N., Putri, R. D. A., & Kusumawardani, R. (2019). Penerapan Teknologi Pengolahan Limbah Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Cuci Piring Untuk Pengendalian Pencemaran Dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Abdimas, 22(2), 201–208.
Lukitasari, M., Khoirotil U, S. Z., & Sukri, A. (2022). Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Piring Di Kelurahan Kanigoro Kota Madiun. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(1), 99–109. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i1.645
Prabowo, S. A., Ardhi, M. W., & Sasono, M. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Desa Mojopurno Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Dari Limbah Minyak Jelantah. Jurnal Terapan Abdimas, 1, 26. https://doi.org/10.25273/jta.v1i1.337
Simaremare, E. S. (2019). Analisis Merkuri Dan Hidrokuinon Pada Krim Pemutih Yang Beredar Di Jayapura. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 8(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v8i1.11813
Suroso, A. S. (2013). Kualitas Minyak Goreng Habis Pakai Ditinjau dari Bilangan Peroksida , Bilangan Asam dan Kadar Air. Jurnal Kefarmasian Indonesia, Vol 3(2), 77–88.
Published
2022-10-28
How to Cite
Ariyanti, A., Masruriati, E., Pratiwi, I., Setyowati, D., & Nurulita, F. (2022). Sosialisasi Penggunaan Pemutih dalam Kosmetik dan Pembuatan Sabun Minyak Jelantah (MIJEL) Di Kelurahan Bumiayu Weleri. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat: Peduli Masyarakat, 2(2), 219-226. https://doi.org/10.37287/psnpkm.v2i2.1282

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>