Pengaruh Buah Naga ( Hylocereus Polyrhizus ) terhadap Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil Anemia
Abstract
Anemia dalam kehamilan dapat terjadi apabila kadar hemoglobin dalam darah kurang dari 11% g/dl pada kehamilan trimester I hingga III. Dampak negative anemia antara lain: menyebabkan kelahiran prematur, penyakit menular, dan bahkan kematian bagi ibu dan janin. Penelitian sebelumnya telah melaporkan bahwa buah naga, mengandung zat besi, yaitu 0,55- 0,65 mg/100 gram yang mampu meningkatkan kadar haemoglobin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Buah Naga Terhadap Kenaikan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experiment dengan pendekatan pretest and posttest with control group design. Penelitian ini dilakukan di Posyandu Anyelir Kabupaten Serang-Banten pada bulan Mei hingga Juni 2023. Jumlah maka jumlah sampel 30 responden. Analisis uji beda menggunakan uji statistik Mann- Whitney Test. Hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai Sig.2-tailed sebesar 0,004 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian jus buah naga dapat meningkatkan kadar haemoglobin pada ibu hamil anemia dan secara statistic signifikan
References
Utami, Y. R. (2021). Pendampingan Ibu Hamil dalam Upaya Peningkatan Status Gizi dan Penurunan Anemia di Kelurahan Metesih Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. APMa Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-18.
Yulaikhah, L. E. (2019). Peningkatan Berat Badan pada Bayi BBLR dengan Perawatan Metode Kanguru (PMK) di RSUD Wates Kulon Progo. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu, 10(1), 73-78.
Utama, R. P. (2021). Status Gizi dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 689-694.
Aditianti, A. &. (2020). Pengaruh Anemia Ibu Hamil terhadap Berat Bayi Lahir Rendah: Studi Meta Analisis Beberapa Negara Tahun 2015 hingga 2019. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 11(2), 163-177.
Mutoharoh, S. R. (2023). Jus Buah Naga Merah untuk Meningkatkan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil dengan Anemia. In Prosiding University Research Colloquium , (pp. (pp. 1558-1563)).
Soleha, N. A. (2020). Pemberian Jus Buah Naga Mempengaruhi Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil. Jurnal Kebidanan Malahayati, 6(3), 335-341.
Aulya, Y. S. (2021). Efektifitas Jus Buah Naga terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal SMART Kebidanan, 8(1), 54.
Meilinda, V. &. (2023). Pengaruh Pemberian Jus Buah Naga (Hylocereus Polyrhizus) dan Madu Dengan Kombinasi Tablet Fe Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Dengan Anemia. Maternal Child Health Care, 5(1), 842-847.
Rahmawati MA, S. D. (2019). Potential Effect of Pitaya Fruit Juice (Hylocereus Polyrhizus) As an Anti-anemic Agent for Postpartum Anemia. Indonesian Journal of Medicine, 4(4):293-299.
Chaurulllisa, G. &. (2022). Pemberian Buah Naga Merah pada Ibu Hamil Trimester III Atas Indikasi Anemia Ringan di Puskesmas Geyer 1. THE SHINE CAHAYA DUNIA KEBIDANAN, 7(01).
Chendriany, E. B. (2021). Pengaruh Pemberian Jus Buah Naga Terhadap Kadar Hb Pada Ibu Hamil Trimester III Dengan Anemia Di UPTD Puskesmas Taktakan Serang-Banten Tahun 2020. Journal for Quality in Women's Health, 4(1), 56-61.
Olii, N. (2020). Pengaruh agar-agar dan jus buah naga terhadap kadar hemoglobin pada ibu hamil. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 153-161.
A, N. (2018). Anemia and Iron Supplement in Pregnancy: A Mini Review. JOJ Nursing & Health Care, 7(3):11-13.



