Bimbingan Klasikal Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII

  • Aulia Umul Fatih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Rischa Pramudia Trisnani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Christiana Wahyu Wigati SMP Negeri 1 Widodaren
Keywords: bimbingan klasikal, brainstorming, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal metode brainstorming dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Widodaren. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling (PTBK). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah pada peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 1 Widodaren yang berjumlah 29 siswa. Instrumen yang digunakan dalam melaksanakan penelitian adalah dengan menggunakan angket pre test dan post test terkait dengan motivasi belajar yang teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Dalam pelaksanaanya terdapat dua siklus dalam tindakan kelas, pada siklus pertama belum terjadi perubahan pada peserta didik setelah dilakukan dua siklus tindakan kelas maka dapat dilihat hasil perubahan yang terjadi pada peserta didik. Metode brainstorming mampu meningkatkan motivasi pada peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 1 Widodaren.

References

Dewinta, H. D., & Prasetiawan, H. (2022). Upaya mengurangi prokrastinasi akademik melalui bimbingan klasikal model problem based learning pada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 288-297.
Edi, Y. P. 2016. Skripsi Efektifitas Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Layanan Bimbingan Klasikal Kolaboratif Dengan Pendekatan Experiental Learning Untuk Meningkatkan Karakter Bela Rasa (Compassion) : Studi Pra Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Stella Duce 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 : Shanata Dharma University
Hawa, S. (2023). Penerapan Metode Brainstorming melalui Media dari YouTube pada Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Topik Disiplin Diri di Kelas VII-3 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 124-134.
Pertiwi, S.P., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. M. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Pemberian Reward untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII A3 SMP Negeri 2 Sawan Tahun Ajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. 1(2). Hlm. 2
Rafisa, D. D. (2018). Skripsi Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Rahman, Sunarti. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 290.
Sarifuddin, S. (2021). Penerapan Bimbingan Klasikal dengan Metode Brainstorming atau Curah Pendapat untuk Meningkatkan Pemahaman Konseli Generasi Z pada Topik Dampak Smartphone dan Media Sosial di Kelas XII MIPA. 1 Semester 1 SMAN 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 305-315.
Published
2024-03-28