Pelatihan Orangtua tentang Permainan Berbasis Teknologi untuk Mengurangi Kejenuhan Dimasa Pandemi Covid 19

  • Mulyono Mulyono Program Studi Teknik Elektro Medik, Universitas Widya Husada Semarang
  • Emilia Puspitasari Sugiyanto Program Studi DIII Keperawatan, Universitas Widya Husada Semarang
Keywords: kejenuhan anak, pelatihan orang tua, permainan berbasis teknologi

Abstract

Pendidikan secara daring berdampak pada kesehatan mental siswa, Upaya dilakukan dalam mengatasi dampak psikologis yang dialami oleh siswa. Permainan  merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan anak yang mempunyai  efek relaks. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui gambaran pemberian Tindakan pelatihan orang tua tentang permainan berbasis teknologi untuk mengurangi kejenuhan dimasa pandemi covid 19. Metode yang dilakukan adalah dengan pendekatan deskiptif yaitu menggambarkan hasil kegiatan pemberian Pendidikan Kesehatan yang dilakukan kepada orang tua. Hasil evaluasi didapatkan peningkatan pemahaman orang tua tentang manfaat permainan berbasis teknologi dan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dampak negative permainan berbasis teknologi.

References

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. Jurnal Kopasta 4 (1),, 28 - 40.

Akbar, K. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online. Community Engagement & Emergence Journal, Volume 1 Nomor 2, 42-47.

Falasifah, M. (2020). Coping Strategies Among College Students During Covid-19 Pandemic. International Conference Labma Scientific Fair Yogyakarta.

Kardina. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meminimalisir. Palopo: Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Non Formal.

Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jp3sdm, 9(2), 18–29.

Rifa Fauziyyah*, R. C. ( 2021.). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Tingkat Stres Dan Kecemasan Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 . Bikfokes Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Volume 1 Edisi 2.

Sinsu Erik, W. V. (2020). Hubungan Durasi Bermain Game Online Dengan Kesehatan Mental Pada Remaja Pria . Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, A Volume 2 No 2, Hal 69-76.

Sugiyanto, E. P. (2020). Factors Related To Students’ Psychosocial Problems During Covid-19 Pandemic. . Indonesian Journal Of Global Health Research , Jilid 2 Volum 4 Hal : 309-314.

Sugiyanto.E.P*, M. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Game Online Terhadap Tingkat Stresanak Usia Sekolah Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa Ppni Jawa Tengah, Volume 4 Nomor 3.

Transmawati, M. D. (2019). Pengaruh Game Online Dengan Terhadap Motivasi Belajat Remaja. Jurnal Universitas Pgri Palembang.

Published
2021-10-08
How to Cite
Mulyono, M., & Sugiyanto, E. (2021). Pelatihan Orangtua tentang Permainan Berbasis Teknologi untuk Mengurangi Kejenuhan Dimasa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat: Peduli Masyarakat, 1(1), 13-16. Retrieved from http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/PSNPKM/article/view/602